Kamis, 28 Juni 2012

Cara Setting Password Root MySQL Via Browser

Jika Xampp sudah terinstall dalam suatu PC atau server maka akan terdapat beberapa service yang bisa dijalankan diantaranya yaitu :
  • Apache Web Server
  • Database MySQL
  • Filezilla FTP Server
  • Tomcat
  • Mercury
kali ini saya akan memahas tentang database MySQL yang sudah terinstall. MySQL merupakan salah satu database yang banyak digunakan saat ini. Disamping handal, MySQL juga mempunyai keunggulan yaitu  free Open Source. Untuk menjaga keamanan suatu database maka perlu adanya password sehingga database tidak mudah untuk dijebol ataupun diacak-acak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dalam suatu database dikenal sebuah user administrator yaitu user "root". 
Untuk melakukan setting password "root" dalam database MySQL yang sudah terbundling dalam satu paket instalasi Xampp bisa dilakukan dengan cara yaitu :

  1. Buka browser dan ketikkan alamat "http://localhost/security/index.php" sehingga akan muncul seperti gambar dibawah
  2. Segera isi kolom password dengan password yang diinginkan. Usahakan passwordnya dibuat serumit mungkin sehingga meminimalkan resiko password tersebut diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  3. Kemudian isi kolom "Repeat the password" dengan password yang sama sekali lagi. Kemudian submit dengan klik tombol "Password Changing"
  4. Ok anda sudah berhasil melakukan setting password "root"


EmoticonEmoticon